TIPS Cara Mengirim CV lewat Email yang Baik dan Benar
Ketika berbicara tentang bagaimana cara mengirim CV lewat email yang baik dan benar maka sebaiknya tata cara pengirimannya. Memang cara mengirim lamaran lewat email manjadi sarana tercepat untuk bisa mengirim aplikasi lamaran pekerjaan yang akan kita ajukan.
Untuk itulah maka kita harus mengetahui cara mengirim CV (curriculum vitae) menggunakan email yang tepat agar nantinya lamaran yang diajukan diterima oleh pihak perusahaan.
Untuk itulah maka kita harus mengetahui cara mengirim CV (curriculum vitae) menggunakan email yang tepat agar nantinya lamaran yang diajukan diterima oleh pihak perusahaan.
Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut maka potensi diterima oleh perusahaan menjadi lebih besar jika cara mengirim berkas lamaran kerja yang dilakukan lewat email. Pengiriman CV lewat email ini merupakan menjadikan kita sebagai pelamar mendapat nilai plus karena sudah melek teknologi karena sudah bisa menggunakan surat elektronik atau yang biasa kita sebut sebagai email.
Cara Mengirim CV lewat Email yang Baik dan Benar
Proses pengiriman lamaran kerja dengan memanfaatkan surat elektronik (email) jika dilakukan dengan cara yang salah maka lamaran kerja yang dikirim tidak akan diproses oleh pihak perusahaan.
Untuk itu agar dapat membantu para pencari kerja yangu u ingin mengetahui tentang tata cara mengirim lamaran kerja via email maka disini akan dijelaskan tentang bagaimana tips cara mengirim CV atau lamaran kerja lewat email yang baik dan benar.
1. Gunakan Akun Email yang Profesional
Tips yang pertama adalah dengan menggunakan nama akun yang profesional. Penggumaam nama akun seperti ini akan menjadikan si pelamar terlihat lebih beraungguh-sungguh. Untuk itu agar selalu menghindari penggunaan akun email yang ala kadarnya ketika mengirim lamaran kerja lewat email.
Selain terlihat sungguh-sungguh, dengan menggunakan akun email yang baik dan benar maka dimata perusahaan pengajuan kita akan mendapatkan nilai plus karena pelamar terlihat sangat memperhatikan setiap detail apa yang dilakukan.
Selain terlihat sungguh-sungguh, dengan menggunakan akun email yang baik dan benar maka dimata perusahaan pengajuan kita akan mendapatkan nilai plus karena pelamar terlihat sangat memperhatikan setiap detail apa yang dilakukan.
2.Gunakan Subject dan Judul Email yang Baik dan Benar
Pada saat mengirim lamaran pekerjaan atau CV lewat email yang baik dan benar adalah dengan memperhatikan penggunaan Subject dan Judul email. Sebaiknya untuk kolom Subject dan Judul email harus diisi dengan tepat seperti pada acuan penulisannya dibawah ini.
- Subject Email : Bagian subject email harus sebaiknya diisi dengan nama posisi pekerjaan yang akan dilamar. Tujuan penulisan subject email lamaran kerja dengan posisi jabatan atau pekerjaan adalah untuk mempermudah pihak perusahaan menyeleksi setiap berkas lamaran kerja yang masuk ke perusahaan.
- Judul Email : Pada penulisan judul email ketika mengirim CV lewat email adalah dengan mengisi sebagai "surat lamaran kerja".
3. Gunakan Folder Format File .rar
Dengan menggunakan berkas lamaran pekerjaan dengan format file .rar maka proses pengiriman berkas lewat email menjadi lebih cepat dan mudah. Kemudahan mengirim CV lewat email dengan menggunakan format file .rar bertujuan untuk mengecilkan ukuran file atau folder yang berisi semua berkas lamaran kerja yang akan dikirim.
File .rar sendiri adalah berupa format pengemasan atau mengarsipkan banyak file menjadi satu file folder (Single File) agar lebih efisien dengan ukuran file yang lebih kecil dari ukuran aslinya.
Biarpun ukuran berkas file menjadi lebih kecil ketika dikirim lewat email, namun untuk file aslinya tetap ukuranya jika file dalam format .rar sudah dibuka.
File .rar sendiri adalah berupa format pengemasan atau mengarsipkan banyak file menjadi satu file folder (Single File) agar lebih efisien dengan ukuran file yang lebih kecil dari ukuran aslinya.
Biarpun ukuran berkas file menjadi lebih kecil ketika dikirim lewat email, namun untuk file aslinya tetap ukuranya jika file dalam format .rar sudah dibuka.
Alasan penggunaan file dengan format .rar atau zip ini dapat mengurangi proses loading saat perusahaan membuka lamaran pekerjaan yang Anda ajukan. Selain itu penggunaan format ini untuk mengirim berkas lamaran pekerjaan seperti daftar riwayat hidup (CV), scan Ijasah, KTP, SKCK dan berkas-berkas lainnya adalah bertujuan untuk memenuhi standar perusahaan.
Sebab sebagian perusahan atau bahkan keseluruhan akan menerima pengajuan lamaran pekerjaan dengan batas ukuran file dari keseluruhan berkas yang dikirim.
Sebab sebagian perusahan atau bahkan keseluruhan akan menerima pengajuan lamaran pekerjaan dengan batas ukuran file dari keseluruhan berkas yang dikirim.
Standard Attachment Mengirim Berkas Lamaran Kerja vie Email
Standart attachment merupakan batasan untuk pengiriman berkas lamaran kerja dibawah 2 MB. Jadi apabila Anda mengirim lamaran atau CV lewat email sebaiknya total semua ukuran file untuk berkas yang dikirim tidak melebihi 2 MB. Semakin kecil file yang dikirim maka potensi atau peluang Anda untuk dinilai oleh perusahaan menjadi semakin besar.
Dengan memiliki file berkas lamaran kerja yang sudah memenuhi standard attachment tersebut maka file bisa juga dipindah ke perangkat smartphone Anda. Dengan begitu maka Anda bisa mengirim lamaran lewat email di Hp dengan mudah.
Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa tips untuk cara mengirim CV lewat email yang baik dan benar adalah dengan memperhatikan 3 point tersebut. Dan untuk tata cara atau contoh surat lamaran kerja yang akan dikirim via email bisa melihatnya disini.
Proses cara pengiriman berkas lamaran kerja menggunakan email tersebut dapat meminimalisir kegagalan saat melakukan pengajuan lamaran kerja ke suatu perusahaan. Dan semoga dengan mengetahui cara mengirim lamaran kerja lewat email dengan baik dan benar tersebut akan dapat membantu Anda mempermudah diapprove atau diterima di posisi jabatan perusahaan yang diinginkan.
Proses cara pengiriman berkas lamaran kerja menggunakan email tersebut dapat meminimalisir kegagalan saat melakukan pengajuan lamaran kerja ke suatu perusahaan. Dan semoga dengan mengetahui cara mengirim lamaran kerja lewat email dengan baik dan benar tersebut akan dapat membantu Anda mempermudah diapprove atau diterima di posisi jabatan perusahaan yang diinginkan.
Komentar
Posting Komentar