Inilah 6 Berkas Lamaran Kerja PENTING agar LOLOS Seleksi Pemberkasan
Berkas lamaran kerja merupakan kumpulan beberapa berkas yang harus dipenuhi oleh para pelamar kerja ketika melamar suatu pekerjaan. Persyaratan untuk membawa berkas lamaran kerja biasa diberlakukan bagi semua perusahaan yang membuka lowogan pekerjaan. Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan akan menyeleksi setiap para pelamar kerja menggunakan berkas-berkas lamaran kerja yang diterima dan kemudian dijadikan acuan oleh perusahaan sebelum ke tahap selanjutnya yakni tahap wawancara.
Setiap berkas lamaran kerja ini juga tidak boleh sembarang dan yang penting harus memperhatikan point-point pembuatan setiap berkas lamaran tersebut. Selain itu yang tidak kalah penting adalah tentang bagaimana cara menyusun urutan lampiran lamaran kerja yang baik dan benar.
Setiap berkas lamaran kerja ini juga tidak boleh sembarang dan yang penting harus memperhatikan point-point pembuatan setiap berkas lamaran tersebut. Selain itu yang tidak kalah penting adalah tentang bagaimana cara menyusun urutan lampiran lamaran kerja yang baik dan benar.
Bagi para calon pelamar kerja baru atau fresh graduate tentu masih awam dengan berkas-berkas lamaran kerja yang dibutuhkan ketika akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan.
Untuk itu agar para pelamar kerja baru (fresh graduate) tidak kebingunan dan mengetahui berkas lamaran kerja apa saja yang dibutuhkan ketika melamar pekerjaan, maka disini akan dibahas tentang 6 berkas lamaran kerja penting yang harus dikirim ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.
Inilah 6 (enam) Berkas Lamaran Kerja PENTING yang Harus Dibawa
Sebagian besar lulusan yang sudah siap kerja akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar kerja serupa. Sedangkan untuk lowongan kerja yang tersedia sangat terbatas jumlahnya. Dengan sedikitnya kesempatan serta besarnya saingan tersebut maka bagi para calon pekerja baru yang termasuk dalam kategori fresh graduate harus mengetahui point utama termasuk berkas lamaran kerja yang harus dibawa ketika melamar pekerjaan disuatu perusahaan.
Dan untuk mempermudahkannya maka perhatikan beberapa berkas lamaran kerja Penting yang wajib dilampirkan dan tata cara urutan pelampiran berkas lamaran kerja tersebut.
1. Surat Lamaran Kerja
Berkas lamaran kerja pertama yang dilampirkan adalah surat lamaran kerja. Kalian bisa mencari referensi pembuatan surat lamaran kerja ini di internet. Disitu kalian bisa menemukan berbagai macam bentuk dan format surat lamaran kerja baik itu surat lamaran kerja sederhana, surat lamaran kerja bahasa inggris ataupun surat lamaran kerja umum.
Jadi apabila kalian mengalami kesulitan ketika akan membuat surat lamaran kerja maka dapat langsung mencarinya di media internet ataupun bisa juga melihat contoh surat lamaran kerja dilink ini.
Perlu dicatat untuk point yang harus diperhatikan ketika membuat surat lamaran kerja adalah tujuan surat yang jelas langsung ke sasaran utamanya serta tidak bertele-tele.
Perlu dicatat untuk point yang harus diperhatikan ketika membuat surat lamaran kerja adalah tujuan surat yang jelas langsung ke sasaran utamanya serta tidak bertele-tele.
2. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
Urutan lampiran berkas lamaran kerja berikutnya adalah Daftar Riwayat Hidup atau biasa disebut Curriculum Vitae (CV). Berkas lamaran kerja CV atau daftar riwayat hidup biasanya berisi deskripsi tentang pelamar kerja yang mencakup profil pribadi, kemampuan kerja yang dimiliki, prestasi dan lain sebagainya.
Berkas lamaran kerja ini bisa juga kalian cari referensinya di internet atau bisa juga mengunjungi link ini untuk melihat bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup atau CV dan format yang baik dan benar.
Berkas lamaran kerja ini bisa juga kalian cari referensinya di internet atau bisa juga mengunjungi link ini untuk melihat bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup atau CV dan format yang baik dan benar.
3. Berkas Foto Copy Ijazah/Sertifikat yang dilegalisir
Berkas lamaran kerja berikutnya yang harus dilampirkan adalah foto copy ijazah dan sertifikat-sertifikat lainnya yang sudah dilegalisir. Untuk berkas yang satu ini khusus melamar pekerjaan di acara job fair sebaiknya lampirkan berkas lamaran kerja berupa fotocopy ijazah ataupun sertifikat yang dilegalisir.
Note :
Untuk fotocopy sertifikat yang sudah dilegalisir sebaiknya dlampirkan ketika Anda melamar pekerjaan ke perusahaan langsung dengan datang ke perusahaan.
Ketika legalisir ijazah dan sertifikat sebaiknya buat yang banyak agar nantinya bisa digunakan di beberapa perusahaan yang dinginkan.
4. Fotokopy KTP
Berikutnya berkas yang sangat penting yakni identitas pelamar berupa Fotocopy KTP. Mengingat sekarang kartu identitas sudah diwajibkan menggunakan e-KTP maka bagi Anda pelamar pekerjaan yang baru berumur 17 tahun sebaiknya segera mengurus berkas lamaran kerja (e-KTP) ini untuk mempermudahkan proses pengajuan lamaran pekerjaan nantinya.
Hal penting yang harus diperhatikan adalah mengenai kecocokan antara nama, alamat dan tanggal lahir yang harus sesuai dengan berkas-berkas lainnya (surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, ijasah dan berkas lainnya).
Jadi pastikan nama, alamat, dan tanggal lahir di KTP sudah sesuai dengan yang ada di berkas lainnya seperti di Surat Lamaran Kerja, Daftar Riwayat Hidup, Ijazah dan sertifikat-sertifikat yang dimiliki.
5. Pas Photo
Berkas lamaran kerja ini tidaklah sama karena ukuran pas photo yang dibutuhkan terkadang berbeda untuk setiap perusahaan. Ada yang menggunakan pas photo ukutan 3x4, 2x3 atau juga foto full body . Untuk foto full body biasanya digunakan untuk lamaran pekerjaan di perusahaan keuangan seperti Bank, Asuransi dan lain sebagainya.
Untuk tata cara pembuatan pas photo untuk lamaran kerja juga tidak boleh asal-asalan. Cara membuat pas photo lamaran kerja biasanya menggunakan latar belakang polos merah atau biru dengan format full colour atau hitam putih (doof)
Sedangkan untuk pakaian yang disarankan adalah dengan menggunakan pakaian formal, bisa juga mengenakan dasi sedangkan untuk berkas lamaran kerja bagi wanita bisa mengenakan blazer untuk keperluan lamaran kerja.
Untuk tata cara pembuatan pas photo untuk lamaran kerja juga tidak boleh asal-asalan. Cara membuat pas photo lamaran kerja biasanya menggunakan latar belakang polos merah atau biru dengan format full colour atau hitam putih (doof)
Sedangkan untuk pakaian yang disarankan adalah dengan menggunakan pakaian formal, bisa juga mengenakan dasi sedangkan untuk berkas lamaran kerja bagi wanita bisa mengenakan blazer untuk keperluan lamaran kerja.
6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Berkas lamaran kerja penting berikutnya yang harus dilampirkan adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau biasa juga disebut sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik. Lengkapi berkas lamaran kerja SKCK yang akan dikirim dengan fotocopy SKCK yang sudah dilegalisir. Namun ingat untuk memperhatikan masa berlaku dari SKCK tersebut karena hanya berlaku 6 bulan.
Demikianlah 6 (enam) berkas lamaran kerja penting yang wajib dilampirkan agar bisa lolos seleksi pemberkasan ketika melamar pekerjaan di perusahaan. Untuk urutan lampiran berkas harus benar dengan urutan seperti dibawah ini:
- Surat Lamaran Kerja
- Daftar Riwayat Hidup (CV)
- Fotocopy Ijazah dan setifikat pendukung
- KTP
- Pas Photo
- Surat Kelakuan Baik dari Kepolisian (SKCK).
- Surat Lamaran Kerja
- Daftar Riwayat Hidup (CV)
- Fotocopy Ijazah dan setifikat pendukung
- KTP
- Pas Photo
- Surat Kelakuan Baik dari Kepolisian (SKCK).
Apabila Anda ingin melamar pekerjaan menggunakan email maka semua berka lamaran kerja tersebut discan dan ubah menjadi format .rar atau Zip untuk memudahkan pemberkasan file menjadi satu.
Komentar
Posting Komentar